cover
Contact Name
Kukuh Elyana
Contact Email
kukuh.elyana@fkip.unmul.ac.id
Phone
+6285350003506
Journal Mail Official
adjektivajournal@fkip.unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Pahu Kampus Gn. Kelua Telp. (0541) 743651, Samarinda. Kalimantan Timur. 75123
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 26226022     DOI : https://doi.org/10.30872/adjektiva.v1i2
Jurnal Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies (2622-6022) well-known as Adjektiva is an forum for original research on linguistics, literature, eduaction an international forum for original research focused on identities as local contexts, like an identity in linguistics, identity in literature, and identity in language education in global and local contexts, especially in Indonesia. These may include but are not limited to various fields, such as we are interested in interdisciplinary studies examining how issues of linguistics, literature, and education in language influence individual and community identities. In order to publish in Adjektiva, a study must have an overview of previous research or theoretical concepts that are packaged to justify the novelty/uniqueness of this study and central focus on local, foreign, minority, heritage, or indigenous languages (or non-standard dialects) and their intersection with either identity and/or education in language, linguistics and literature. We welcome a variety of topics, theoretical orientations, and methodological approaches (both qualitative and quantitative). Studies that highlight the potential of Linguistics and Applied Linguistics (e.g. Phonology, Morphology, Syntax, Sociolinguistics, Psycholinguistics, Anthropolinguistics, Ethnolinguistics, Stylistics, Dialectology, LHK, Psychopragmatics, etc.). Critical studies of Literature (e.g. Digitizing literature, new literary theories, applied literature). Identity in language and literature(e.g. Ethnic Identity, vocational identity, job identity, religious identity, moral identity, political identity, etc.). Research on innovations or on the effectiveness of various language education program models (e.g. Learning Curriculum, Learning Strategies, Learning Assessment, BIPA, International Language Coaching).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2023)" : 5 Documents clear
Analisis Novel Janji Karya Tere Liye Dalam Kajian Strukturalisme Robert Stanton Misbahul Fatta Muhammad; Ika Martanti Mulyawati
Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/adjektiva.v6i2.2107

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kajian strukturalisme Robert Stanton dalam novel Janji karya Tere Liye adalah tema, fakta-fakta cerita (alur, karakter, dan latar), sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode penelitian ini menggunakan metode teknik pustaka, simak dan catat. Hasil dari penelitian ini yaitu Tema dalam novel Janji karya Tere Liye ada dua, yakni persahabatan dan perjalanan untuk menemukan pelajaran hidup sehingga membuat suatu cerita lebih menyatu dan relevan dengan setiap rangkaian peristiwa sebelumnya. Fakta-fakta cerita dalam novel Janji merupakan fakta yang berdasarkan kisah nyata dan dapat dibuktikan kebenarannya dari segi alur, karakter, dan latar sehingga terbentuk suatu unsur yang terstruktur dan faktual dalam kehidupan. Sarana-sarana sastra dalam novel Janji menjadikan suatu karya sastra dapat dinikmati oleh pembaca dan mempunyai nilai estetika dengan adanya judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi sebagai ciri khas dari novel Janji hasil karya Tere Liye.
Analisis Sosiologi Sastra Novel (It’s About) Rain Karya Rara Cemara Nanda Rimadhani; Anwar Balfas; Kukuh Elyana
Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/adjektiva.v6i2.2438

Abstract

Sastra merupakan hasil karya cipta manusia yang merupakan hasil imajinasi dari seorang penulis dari yang ia rasakan, ia lihat, ia dengar dan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat. Proses penciptaan karya sastra dipengaruhi oleh situasi dan kondisi masyarakat, dipengaruhi oleh situasi dan kondisi dalam diri penulis. Kondisi tersebut berupa pandangan seorang penulis terhadap dunia dan masyarakat secara utuh dari hal negatif maupun hal positif. Sastra Yang diteliti adalah (It’s About) Rain Karya Rara Cemara. Novel ini merupakan novel yang berlatarkan kehidupan perkotaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan unsur pembangun karya sastra berkenaan dengan latar, tokoh, penokohan, alur, dan amanat serta aspek sosiologi sastra yang terdiri dari fakta sosial, lembaga sosial, perubahan sosial. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan metode deskriftif. Penelitian dilakukan dengan analisis data, cara membaca cepat, dan mencatat. Hasil penelitian pada analisis sosiologi sastra Novel (It’s About) Rain Karya Rara Cemara, peneliti menemukan objek sosiologi sastra yang meliputi fakta sosial, perubahan sosial, dan lembaga sosial. Fakta sosial adalah fakta yang terjadi di masyarakat, seperti fakta peristiwa, nama, tempat dan waktu terjadinya sebuah peristiwa. Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi karena meningkatnya pendapat sebuah keluarga. Lembaga sosial merupakan lembaga masyarakat seperti lembaga agama, hukum, pendidikan dan ekonomi.
Social Life in Willa Cather’s One of Ours Muhammad Ilham Ali
Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/adjektiva.v6i2.2665

Abstract

This article determining the interpretation of the quotation in Willa Cather’s One of Ours focused on social situations and conditions. In conducting the research, the writer uses qualitative research because the data was collected in the form of words, quotations from the novel, and several sources that support the research. Through a sociological approach, the analysis focused on the social situation in the novel itself. The result of the study is the interpretation of social life on a farm and ranch; social life in religion or spiritual; social life including romance and marriage; social life during the influenza plague’s outbreak; social life during war; and the writer adds the social life on studying at the university, the situation in the train, the situation on the ship and situation in the military that the main character experiences.
Pemerolehan Morfem Afiks Pada Anak Usia 6-7 Tahun Endang Dwi Sulistyowati; Widyatmike Gede Mulawarman; Devi Wahana Putri
Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/adjektiva.v6i2.2682

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ujaran afiks yang diperoleh anak usia 6-7 tahun, dan bagaimana proses afiksasi pada anak usia 6-7 tahun. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak, catat, observasi, wawancara, serta teknik rekam. Sumber data penelitian ini adalah ujaran anak usia 6-7 tahun (Faza, Aal, Naura). Sedangkan analisis data yang digunakan teknik bagi unsur langsung (BUL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa afiks yang diperoleh anak usia 6-7 tahun ada 4 jenis yaitu, prefiks, infiks, sufiks, konfiks. Representasi pada anak usia 6-7 tahun dalam menggunakan afiks dipengaruhi oleh ucapan orang dewasa sehingga anak mengikuti dan mampu menggunakan afiks dengan varian bentuk yang benar dalam berkomunikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, afiks yang sudah dikuasai oleh anak usia 6-7 tahun ialah prefiks, infiks, sufiks, dan konfiks. Hasil penelitian pemerolehan kata afiks ini merujuk pada aktivitas yang dilakukan anak dalam menghasilkan bahasa secara alami, diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi orang tua untuk lebih memperhatikan anaknya dalam perkembangan bahasa.
Strategi Asesmen Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka di SMP Ibni Wiryateja; Restiana Dwi Hartati
Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/adjektiva.v6i2.2684

Abstract

Strategi pelaksanaan asesmen dalam Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum yang baru saja diterapkan memiliki implikasi pada strategi guru dalam melaksanakan asesmen dalam pembelajaran. Penelitian sebelumnya secara menyatakan bahwa asesmen Kurikulum Merdeka masih belum sesuai dengan ideal. Pengalaman dan referensi guru dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan asesmen masih terbatas. Beranjak dari keterbatasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan dalam penerapan asesmen pada Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dan sumber data terdiri dari peristiwa, informan, analisis dokumen, dan catatan lapangan. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Uji validitas data menggunakan metode triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data menggunakan jenis interactive model analysis. Temuan (1) Perencanaan asesmen berupa penyusunan modul ajar dan perangkat asesmen. (2) Pelaksanaan asesmen meliputi asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. (3) Hambatan berupa sumber, pengalaman, dan alokasi waktu yang terbatas. Penanganan dilakukan dengan diskusi internal maupun eksternal antar guru sehingga mampu memberikan perspektif lain mengenai pelaksanaan asesmen yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 5